5 kebiasaan tidak sehat yang tanpa kamu sadari ini ternyata biasa kamu lakukan saat mandi


Mandi adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan tiap hari. Sebab mandi akan membantumu untuk membersihkan kotoran, bakteri, atau kuman yang jadi sumber penyakit.

Sekilas terlihat sederhana namun ternyata banyak orang melakukan kebiasaan buruk saat mandi yang bisa membahayakan kesehatannya. Apa sajakah kebiasaan tidak sehat itu? Berikut adalah daftarnya Sebagaimana dilansir laman Merdeka.

1. Terlalu sering mandi dengan air hangat
Mandi dengan air hangat akan membuatmu merasa rileks terutama setelah seharian beraktivitas. Itulah sebabnya banyak orang yang doyan mandi dengan air hangat.

Well, jika sesekali mandi dengan air hangat tidak mengapa. Namun saat kamu keseringan mandi dengan air hangat, kulit akan kehilangan minyak alaminya. Akibatnya kulit jadi mudah kering dan gatal.

2. Menghabiskan waktu terlalu lama di kamar mandi
Berapa waktu yang kamu butuhkan untuk mandi? Apakah lebih dari 30 menit? Jika ya, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut. Sebabnya semakin lama kamu mandi maka akan semakin sering kamu mengguyur tubuhmu dengan air yang juga bisa menyebabkan minyak alami kulit terkikis. Lipid yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit juga menipis. Akhirnya kulit pun mudah kering.

Oleh karena itu cobalah untuk mandi tak lebih dari 10 menit setiap harinya.

3. Sabun yang terlalu wangi
Sabun yang wangi mampu menjadi mood booster dan menjadikan kegiatan mandi jadi lebih menyenangkan. Namun kamu perlu berhati-hati dengan sabun yang terlalu wangi karena bisa mengandung paraben, pewarna sintetis, natrium lauril sulfat, dan formaldehid yang bisa membuat kulit jadi kering serta kehilangan elastisitasnya.

Maka, akan lebih baik jika kamu menggunakan sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami atau minyak esensial.

4. Menggunakan spons mandi yang sudah usang
Saat mandi dengan sabun cair, maka kamu akan menuangkannya di spons atau puff agar berbusa lebih banyak. Well, saat kamu memiliki kebiasaan tersebut sebaiknya jangan menggunakan spons yang sudah usang karena bisa jadi spons tersebut menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak. Ada baiknya kamu menggantinya sebulan sekali.

Menggunakan spons yang sudah usang dan mengandung bakteri dapat menyebabkan infeksi di kulit serta gatal-gatal.

5. Membilas tubuh kurang bersih
Meski sedang terburu-buru, selalu bilaslah tubuh dengan sempurna. Sebab sabun atau produk pembersih lainnya yang tertinggal bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, rajinlah keramas untuk mencegah munculnya jerawat di wajah atau punggung jika kamu berambut panjang.

Sepintas kebiasaan di atas memang terlihat tidak penting. Namun jika kamu melakukannya terus-menerus maka akan menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.
Loading...

    Loading...