Doa Ngapati, Doa 4 (Empat) Bulan Kehamilan Lengkap Bahasa Arab dan Terjemahannya

Sudah menjadi budaya bagi masyarakat kita, ketika seorang wanita hamil, sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yaitu dengan mengadakan syukuran empat bulan kehamilan atau biasa disebut Ngapati, dan juga syukuran tujuh bulan kehamilan atau biasa disebut Mitoni.

Selain bentuk rasa syukur, syukuran 4 (empat) bulan kehamilan (Ngapatai) merupakan salah satu doa, memohon kepada Allah SWT yang dikhususkan untuk ibu hamil dan janin agar diberi kesehatan dan keselamatan. Bacaan Doa 4 (empat) bulan kehamilan biasanya dibaca setelah membaca beberapa Ayat-ayat pilihan dalam Al-Qur'an yang memang dikhususkan untuk ibu hamil 4 bulan.

bacaan doa empat (4) bulan kehamilan - doa ngapati lengkap
Ilustrasi : Wanita Hamil 4 Bulan (Doa Ngapati)

Beberapa Ayat-ayat Al-Qur'an yang umumnya dibaca dalam acara ngapati (Syukuran 4 Bulan kehamilan) antara lain :
  1. QS. Al-Fatihah : 1-7
  2. QS. Al-Mukminun : 12-14
  3. QS. Al-Baqarah : 233
  4. QS. Luqman : 12-14
  5. QS. Al-Ahqaf : 15
  6. QS. Maryam : 18-22
  7. QS. Yusuf : 1-6

Nah, setelah selesai membaca Ayat-ayat Al-Qur'an sebagaimana yang kami sebutkan diatas, kemudian dilanjutkan dengan bacaan doa. Dan berikut adalah Bacaan Doa untuk 4 (empat) Bulan Kehamilan dalam Bahasa Arab dan Artinya.

اَللهُمَّ احْفَظْ وَلَدِىْ مَادَامَ فِى بَطْنِىْ وَاشْفِهِ اَنْتَ شَافٍ لاَشِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا. اَللهُمَّ صَوِّرْهُ حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ اِيْمَانًابِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللهُمَّ اَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِىْ وَقْتَ وِلاَدَتِىْ سَهْلاً وَّتَسْلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلاً حَاذِقًا عَلِمًا عَامِلاً. اَللهُمَّ طًوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَافْصَحْ لِسَانَهُ وَاَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Ya Allah,Periharalah dia selama berada dalam kandungan ibunya. Dan sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa meyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun. Ya Allah, Bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. a Allah, eluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, Panjangkalah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskalah akhlaqnya, fasihkanlah dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Quran dan Al Hadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam

Itulah Bacaan Doa Ngapati atau Doa Empat Bulan Kehamilan yang dapat Anda amalkan ketika seseorang hamil 4 bulan. Kehamilan merupakan salah satu anugerah terbesar dalam rumah tangga. Banyak pasangan yang sudah puluhan tahun menikah, namun belum dikarunia anak keturunan, namun banyak juga pasangan yang baru hitungan bulan menikah mereka langsung dikaruniai kehamilan. Maka bersyukurlah bagi pasangan yang cepat dikaruniai kehamilan atau keturunan.


Baca juga:
Loading...

    Loading...