Cerita dan Janji Jokowi Sebelum Hasyim Muzadi Meninggal


Presiden Joko Widodo menyempatkan menyapa Gus Lukman Al Hakim, Pengasuh Ponpes Bahrul Maghfiroh setelah selesai menjenguk KH. Hasyim Muzadi di rumahnya, lingkungan Ponpes Al Hikam Kota Malang, 150317. (DICKY BISINGLASI/MALANG POST)

Kondisi kesehatan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikam, KH Hasyim Muzadi memang terus menurun selama beberapa minggu ini. Hingga akhirnya, mantan Ketua Umum PB NU itu berpulang, Kamis (16/3), pagi.

Memburuknya kondisi kesehatan Hasyim mendapat perhatian dari para petinggi negara. Setelah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada Januari lalu menjenguk di RS Lavalette, Presiden RI Joko Widodo menyambangi mantan ketua umum PB Nahdlatul Ulama (PB NU) di rumahnya Jalan Cengger Ayam.

Bahkan, dari hasil diskusi empat tim dokter kepresidenan yakni Prof dr Azis Rani, Prof dr Abdul Muntholib. Prof dr Lukman Hakim, dan Prof dr Joko Raharjo dengan dokter tim dokter Hasym, tercapai kesepatakan soal penyediaan peralatan untuk sang kiai.

“Diskusi tersebut dilakukan untuk membicarakan peralatan kesehatan apa saja yang dibutuhkan. Pak Presiden berjanji mau menyediakan peralatan itu,” ujar dokter yang menagani Hasyim dr Hariadi Moeljosoedirdjo SpPD (K)

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Malang, Jokowi tiba di Lanud Abdulrachman Saleh pukul 09.15 dengan naik pesawat Boeing 737-400 milik TNI-AU yang dipiloti Letkol Pnb Zaelani. Orang nomor satu di Indonesia itu datang ke Malang bersama istrinya, Iriana Joko Widodo, dan anak bungsunya Kaesang Pangarep.

Dalam rombongan tersebut, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Brigjen TNI (Mar) Suhartono, dan Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Ari Setiawan turut serta mendampingi Jokowi.

Sesampainya di lanud, Presiden langsung disambut Gubernur Jatim Soekarwo, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana, Kapolda Jatim Irjen Pol Mahmud Arifin, Bupati Malang Rendra Kresna, dan Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Julexi Tambayong. Lalu pada pukul 09.33, Presiden beserta istri dan anaknya menuju Ponpes Al-Hikam, kediaman KH Hasyim, dengan menaiki Mercedes-Benz bernomor polisi B 1190 RFS.

Kedatangan Jokowi kali ini jauh dari hiruk-pikuk seperti kedatangan pejabat penting lainnya. Presiden tidak menaiki mobil bernopol N 1 RI yang menjadi mobil dinasnya. Dia hanya menggunakan mobil berpelat hitam. Sebab, ini merupakan kunjungan pribadinya.

Tepat pukul 09.56, rombongan Presiden tiba di ponpes. Jokowi sempat membuka kaca mobil dan menyapa awak media sembari tersenyum.

Selama sekitar satu jam, rombongan Presiden menjenguk salah satu anggota dewan pertimbangan presiden (wantimpres) itu. Sebelum meninggalkan tempat, Jokowi tidak banyak memberikan komentar kepada awak media. ”Ya mari kita berdoa semuanya agar beliau (KH Hasyim Muzadi) diberi kesembuhan secepatnya,” terang Jokowi sambil berjalan.

Beberapa saat kemudian, Presiden langsung masuk ke dalam mobil dan kembali menuju Lanud Abdulrachman Saleh. Tepat pada pukul 11.15, Jokowi beserta rombongannya tiba di lanud dan memasuki VIP Room untuk istirahat sejenak. Baru pada pukul 11.57, dia bersama rombongan take off menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Wali Kota Malang Moch. Anton yang ikut mendampingi Presiden menyampaikan, kondisi KH Hasyim terus membaik. Dalam besukan tersebut, tidak ada obrolan khusus dari Presiden, hanya mendoakan. ”Kondisi KH Hasyim Muzadi semakin membaik. Semoga, kedatangan Presiden bisa memberikan semangat agar kesehatan beliau lebih baik lagi,” jelasnya. (jawaposgroup)
Loading...

    Loading...